Cari Modal Kerja, GOTO Berencana Lakukan Private Placement

Cari Modal Kerja, GOTO Berencana Lakukan Private Placement

Dilansir ramlihamdani.id, Seno Tri Sulistiyono

ramlihamdani.id, JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berencana melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement, dengan menerbitkan maksimal 118,44 miliar saham seri A.

Aksi korporasi private placement tersebut diharapkan perseroan sebagai alternatif sumber dana untuk kepentingan perseroan maupun anak perusahaannya.

“Dana yang diperoleh akan digunakan oleh perseroan untuk mendukung kebutuhan modal kerja perseroan, PT Tokopedia, PT Dompet Anak Bangsa dan PT Multifinance Anak Bangsa,” tulis manajemen GOTO dalam informasi Bursa Efek Indonesia yang ditulis22).

Baca juga: Berapa Banyak Perusahaan Ini Punya Kaitan dengan GoTo, Bagaimana Pergerakan Sahamnya di BEI?

Penerbitan saham baru dalam konteks PMTHMETD yang dinilai manajemen GOTO akan meningkatkan jumlah saham yang dikeluarkan perseroan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan likuiditas perdagangan saham perseroan.

Setelah pelaksanaan PMTHMETD menjadi efektif, persentase kepemilikan saham pemegang saham Perseroan saat ini akan mengalami penurunan (dilusi) maksimum 9,09 persen.

Dalam hal ini, PMTHMETD dengan bangga mengumumkan pelepasan Saham Seri B dari Saham Seri A.

Namun, terkait pelaksanaan private placement dieksekusi, Manajemen GOTO tidak menyebut secti pasti tetapi meminta persetujuan terlebih dahulu oleh pemegang saham.

Baca juga: Investasi di Goto Bukan Sekadar Cari Cuan Harian di Mingguan, atau Prospek ke Depan

Adapun rapat umum pemegang saham (RUPS) perseoan, di mana salah satu agendanya meminta persetujuan private placement untuk berlangsung pada 28 Juni 2022.

Berdasarkan Pasal 25 POJK No. 22, PMTHMETD akan dilakukan dalam jangka waktu 1 tahun sejak RUPST untuk PMTHMETD tersebut dilaksanakan.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/23/cari-modal-kerja-goto-berencana-lakukan-private-placement

Tidak ada komentar :

Posting Komentar