Bank Dunia: Perang di Ukraina Dapat Memicu Resesi Global

Bank Dunia: Perang di Ukraina Dapat Memicu Resesi Global

Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

ramlihamdani.id, WASHINGTON – presiden Bank Dunia, David Malpass Mengatakan perang yang terjadi di Ukraina dapat memicu resesi globalharga pangan dan energi, serta ketersediaan pupuk.

Malpass menambahkan, perekonomian Jerman sebagai yang terbesar keempat di dunia, telah diperhitungkan secara substansial oleh kenaikan harga energi yang tinggi.

Dia juga mengungkapkan, pengurangan produksi pupuk dapat memastikan kondisi negara-negara lain.

Baca juga: Mantan Bos Goldman Sachs Sebut AS Berisiko Alami Resesi Ekonomi

“Ketika kita melihat PDB (Produk Domestik Bruto) global sekarang sulit untuk melihat bagaimana kita menghindari resesi,” kata Malpass dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang AS, yang diterbitkan oleh Reuters

Malpass adalah ibu kota ekonomi Ukraina Rusia diperkirakan akan mengalami kontraksi yang siginifikan.

Sedangkan perekonomian wilayah lainnya seperti Eropa, China dan Amerika Serikat akan mengalami pertumbuhan yang lebih lambat.

Dia juga mengungkapkan, negara-negara berkembang semakin terguncang karena menghadapi kekurangan pasokan pupuk, persediaan pangan, serta pasokan energi.

“Gagasan harga energi dua kali lipat sudah cukup untuk memicu resesi dengan sendirinya,” Tambahnya.

Selain China, Malpass mampu menghadirkan versi unik dari Covid-19, yang dirancang dengan desain dunia nyata dan desain dunia nyata.

Baca juga: Dunia Diramal Resesi, IMF Pangkas Projeksi Ekonomi Ekonomi Jadi 3,6 Persen

Kembali di bulan, Bank Dunia perkiraan pertumbuhan global untuk tahun ini, dari 4,1 persen menjadi 3,2 persen, karena dampak dari invasi Rusia ke Ukraina. Menurut Malpass, komisi global dari pasar global per kapita global memiliki pangsa 4,1 persen dari Konvensi Tenis Eropa dan Asia.

Perkiraan pertumbuhan juga turun untuk maara dan banyak negara berkembang, karena harga pangan dan energi yang disebabkan oleh gangguan pasokan akibat perang yang terjadi di Ukraina.

Malpass tidak memberikan rincian mengenai kapan resesi global akan dimulai.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/internasional/2022/05/26/bank-dunia-perang-di-ukraina-dapat-memicu-resesi-global

Tidak ada komentar :

Posting Komentar