Urai Kemacetan di Merak, Menhub Siapkan Pelabuhan Tambahan di Ciwandan dan Indah Kiat

Urai Kemacetan di Merak, Menhub Siapkan Pelabuhan Tambahan di Ciwandan dan Indah Kiat

Wartawan ramlihamdani.id, Dennis Destryawan

ramlihamdani.id, JAKARTA – Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyapkan pelabuhan questionhan di Ciwandan dan Indah Kiat untuk mendukung pos akhir Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Temukan Budi Karya saat Anda mengunjungi Pelabuhan Milik Pelindo yang terletak di Ciwandan, Banten.

Dermaga ini akan dioperasikan sebgaai dermaga Tambahan untuk mendukung pekerjaan Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Baca juga: Pemudik: Macet Panjang di Merak, Saya Tiba Pukul 15.00 Baru Bisa Naik Kapal Pukul 18.00 WIB

Menhub memimpin langsung proses pengoperasian dermaga Ciwandan, mulai penyiapan pelabuhan sampai kedatangan kapal di dermaga tersebut.

“Kami akan menyiapkan 9 kapal untuk dioperasikan, yang akan melayani dari dermaga Ciwandan ke Pelabuhan Bakauheni mulai hari ini,” kata Budi Karya dalam keterangannya, Sabtu (30/4/2022).

Selain Ciwandan, warga asli Budi Karya saat ini bekerja di bidang Pelabuhan Indah Kiat. Di pelabuhan tersebut telah disiapkan 2 (dua) kapal yaitu kapal KM Mutiara Ferryndo 7 dan KM Mutiara Berkah I.

Baca juga: Cerita Tio, Pedagang Aksesoris HP di Gerbang Tol Merak: Manfaatkan Kemacetan Buat Berjualan

Seperti diketahui, animo masyarakat sangat tinggi yang mengakibatkan terjadinya kemacetan panjang di arteri dan jalan tol menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak. Budi karyamenyampaikan setuju denu proposal Kapolres Cilegon, untuk memudahkan mereka menjelaskan Merak nanti malam.

Serta sambil menunggu sampai kapasitas kembali meningkat di Merak untuk menghindari semakin padatnya pelabuhan.

“Kami mohon maaf atas yang dialami masyarakat di Pelabuhan Merak. Kami terus berupaya ini bisa diatasi kurang dari 12 jam,” kata Budi Karya.

Menurut PT ASDP Indonesia Ferry, proyek Pelabuhan Penyeberang Merak tahap pertama diharapkan selesai 40 persen pada 2019 sebelum pandemi.

Tercatat, kemarin (Jumat, 29 April 202), sebanyak 32 ribu kendaraan dalam sehari berangkat melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak. Jumlah ini lebih besar dari puncak mudik tahun 2019 yang mencapai sekitar 20 ribu kendaraan.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/04/30/urai-kemacetan-di-merak-menhub-siapkan-pelabuhan-tambahan-di-ciwandan-dan-indah-kiat

Tidak ada komentar :

Posting Komentar