Kepala BIN: Mudik Lancar Jadi Barometer Pandemi Menuju Endemi

Kepala BIN: Mudik Lancar Jadi Barometer Pandemi Menuju Endemi

Wartawan ramlihamdani.id, Fahdi Fahlevi

ramlihamdani.id, JAKARTA – Kepala Neg Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Buka Gunawan Mengatakan, pelonggaran mudik tahun ini merupakan bagian dari graduxasi yang sudah diatur pemerintah secara cermat.

Kebijakan ini berdasarkan semua indikator penanganan pandemi yang terus membaik dan tidak terlepas dari perspektif epidemologi.

“Mudik Lebaran ini adalah barometer yang sangat sederhana yang tidak perlu dievaluasi untuk bisa bilanjutnya. “Kita sangat disiplin dan selalu waspada, tidak euforia meski berbagai indikator pandemi kita terus membaik,” jelas Buka GunawanJumat (29/04/2022).

Selama Ramadhan dan Idul Fitri, Anda akan diberikan hadiah uang tunai Covid-19 secara signifikan akibat mobilitas dan interaksi sosial yang tinggi.

Menurut Buddhisme, tidak mungkin terjadi jika masyarakat mengikuti skenario yang disusun pemerintah.

Baca juga: Selain Fisik, Pengemudi Juga Harus Siapkan Mental Seraya Meningkatkan Volume Pemudi

Karena itu, kami tetapkan skenario mitigasi berupa program vaksinasi hingga (vaksin) dosis booster bila tidak ingin tes antigen dan PCR, serta prosedur kesehatan bagi semua pelaku perjalanan,” jelas pencetus Medical Intelligence itu.

Akselerasi vaksinasi di berbagai daerah juga dilakukan BIN dalam skenario mitigasi tersebut dengan menggandeng berbagai instansi dan organisasi.

BIN melakukan vaksinasi jemput bola dengan mendatangi pusat keramaian masyarakat, seperti alun-alun, pasar, masjid, hingga musala.

Baca juga: Cerita Pemmudik Asal Serang Berangkat ke Sumatera: Harga Tiket Bus Naik Dua Kali Lipat

Budi Gunawan mengatakan, bila tradisi mudik kali ini berlangsung sesuai dengan pengendalian pandemi, maka Indonesia berhasil melampaui satu barometer lagi untuk segera menuju endemi.

“Pada masa kepresidenan Presiden Jokowi, lulusan sarjana bisa hadir. Namun, sekali lagi, ini semua butuh kerjasama kita semua. “Ke mana pun Anda melihat hari ini, gelombang sentimen proteksionis mengalir.

Setelah menunggu dua tahun, akhirnya pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran terhadap aktivitas mudik lebaran.

Hal tersebut tak terlepas dari cukup tinggi angka vaksinasi nasional dan penurunan drastis kasus Covid-19.

Sebelumnya bahkan pemerintah telah memberikan kelonggaran untuk aktivitas salat Jumat dan tarawih di masjid.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/04/29/kepala-bin-mudik-lancar-jadi-barometer-pandemi-menuju-endemi

Tidak ada komentar :

Posting Komentar