Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan Mental, Selain Daya Tahan Tubuh

Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan Mental, Selain Daya Tahan Tubuh

ramlihamdani.id, JAKARTA – Selain bermanfaat dari segi satu tahan tubuh, puasa juga berdampak baik pada ketahanan mental.

Dosen Departemen Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Atika Dian Ariana SPsi MSc.

Untuk memperoleh manfaat puasa dari seiko psikologis, banyak hal lain yang bisa dikatakan tentang saya puasa dengan tepat.

“Itu hanya menjadi perhatian kami saat itu. puasa. Jadi, bukan berarti puasa itu satu-satunya cara untuk menghubungkan ketahanan mental”Download Atika dilansir dari laman unair.ac.id

Dari segi pikiran, semoga dapat memperbaiki suasana hati karena hormon-hormon yang berkaitan dengan stres akan menurun.

“Pada pagi hari, hormon yang ditemukan untuk menurunkan berat badan itu dikeluarkan,” kata Kaprodi S1 ​​Psikologi UNAIR itu.

Silakan coba lagi dalam beberapa menit jika alarm berbunyi.

“Ketika Anda memakainya, kami mendapatkan handset langsung di reset pabrik. Jadi, ritme sirkadian kita yang bertanggung jawab atas jam tidur itu juga diaktifkan kembali, ”jelas Atika.

Baca juga: Suami Istri Belum Sempat Mandi Junub hingga Imsak Tiba, Bisa Melanjutkan Puasa? Ini Penjelasannya

Selanjutnya, Atika juga menjelaskan, mengingat-ingat kebutuhan untuk menahan segala jenis nafsu, hal itu dapat berguna untuk meningkatkan kontrol diri serta lingkungan sosial.

Berpuasa, lanjutnya, dapat memandu untuk mengekspresikan emosi negatif dengan cara yang lebih konstruktif.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/ramadan/2022/04/16/ini-manfaat-puasa-bagi-kesehatan-mental-selain-daya-tahan-tubuh

Tidak ada komentar :

Posting Komentar