Dapat Lisensi, Si Mobil Hantu Robotaxis Siap Mengaspal di Jalanan Beijing

Dapat Lisensi, Si Mobil Hantu Robotaxis Siap Mengaspal di Jalanan Beijing

Dilansir Tribunnews, Namira Yunia Lestanti

ramlihamdani.id, BEIJING – Setelah menunggu izin selama satu tahun, akhirnya dua perusahaan teknologi Baidu dan Pony.airesmi mengantongi lisensi dari pemerintah China untuk merilis kendaraan otonom tanpa bangun.

Lisensi ini berlaku untuk semua jenis robotaxis selain Baidu dan Pony.ai dapat melakukan uji coba mengaspal di beberapa wilayah China.

Dalam hal ini, izin resmi perusahaan taksi sangat terbatas, tetapi dimungkinkan untuk melakukan perjalanan ke China, terutama di area 60 kilometer (23 mil) dari Zona Pengembangan Ekonomi dan Teknologi.

Sebagai informasi, izin ini sebelumnya telah diberikan Pemerintah China pada Baidu dan Pony.ai. Namun karena taksi tanpa pengemudi milik kedua teknologi tersebut masih memiliki kendala dalam keselamatan pengemudi, membuat keduanya harus merevisi kembali produksinya.

Dikutip dari Reuters, Robotaxis yang dikenal sebagai mobil hantu akan mulai mengaspal pada November mendatang dengan pengawasan ketat.

Baca juga: Ambisi Jadi Negara Nol Emisi Karbon, Arab Saudi Borong 100 Ribu Mobil Listrik Milik Lucid

Meski kendaraan ini dapat melaju tanpa perlu kendali sang pengemudi, namun otoritas China tetap memerintahkan Baidu dan Pony.ai untuk tetap menambahkan pengemudi di balik kemudi mobil tersebut.

Baca juga: Ponsel Honda e: NS1 dan E: NP1 Meluncur di China

Ini agar keselamatan penumpang dapat terjamin saat menggunakan layanan robotaxis dari dan Pony.ai. Dalam perilisan tersebut, rencananya perusahaan Baidu akan meluncurkan 10 tanpa pengemudi.

Baca juga: Penuhi lubang, Ford mulai Produksi Reguler Truk Listrik F-150 Lightning

Sementara Pony.ai yang didukung oleh Toyota Motor, menyebut bahwa lisensi pada taksi otonomnya akan digunakan untuk merilis 100 kendaraan yang beroperasi di distrik Nansha di bagian selatan kota China.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/04/29/dapat-lisensi-si-mobil-hantu-robotaxis-siap-mengaspal-di-jalanan-beijing

Tidak ada komentar :

Posting Komentar